Senin, 8 Desember 2014

Visi & Misi

Written by 

Visi & Misi
PENDAHULUAN

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Iqra’ kota Bengkulu merupakan sekolah yang memadukan antara kurikulum Pendidikan Nasional (KTSP 2013) dengan kurikulum khas Sekolah Islama Terpadu (SIT). Penambahan kurikulum khas SIT merupakan ciri khas yang ingin diunggulkan berkaitan status sekolah sebagai sekolah Menengah Atas Islam terpadu. Oleh karena itu, kurikulum khas SIT merupakan pengembangan dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kurikulum khas SIT meliputi mata pelajaran Aqidah Akhlak, Fiqih Ibadah, Al Qur’an, Hadits dan Bahasa Arab. Penekanan Kurikulum khas SIT terutama berkaitan dengan pelaksanaan ibadah sehari hari seperti wudhu, shalat, puasa, umroh dan haji. Kurikulum khas SIT juga disesuaikan dengan pertumbuh dan perkembangan siswa. Selain penambahan kurikulum khas SIT, pembelajaran di dalam kelas didukung oleh program pembiasaan yang di dasarkan kepada nilai-nilai Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman yang shahih. Para siswa diajarkan adab-adab islami, baik dalam bergaul dengan sesama siswa guru dan orang tua.
Para siswa juga dibiasakan dengan pakaian yang sopan dan sesuai dengan tuntunan syari’at. Sehingga mereka sudah dibiasakan menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Iqra kota Bengkulu menerapkan belajar 5 (lima) hari, yaitu hari Senin sampai dengan hari Jum’at. Pembelajaran dimulai pada pukul 7.15 s.d 15.30 WIB. Hari Sabtu dimanfaatkan sebagai hari pelaksanaan ekstrakulikuler, juga dimanfaatkan bagi pembelajaran remedial bagi siswa yang membutuhkan dengan waktu pelaksanaan mulai pukul 07.15 s.d 14.00.

B. Visi, Misi dan Jaminan Kualitas (quality assurance)
Sekolah Menengah Islam Terpadu Iqra’ kota bengkulu dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki:
Visi:
Terwujudnya Generasi Islami, Berprestasi, Terampil dan Mandiri
Misi:
Menyelenggrakan pendidikan yang menginternalisasi nilai-nilai Islam, ilmu pengetahuan dan Teknologi.
Menerapkan kebijkan mutu yang mengacu kepada sistem manajemen mutu sekolah Islam terpadu (SIT)
Tujuan:
Adapun tujuan dari pendidikan di SMA IT IQRA’ Kota Bengkulu adalah:
Meyakini Allah SWT sebagai pencipta, pemilik, pemelihara dan penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap dan prilaku bid’ah, khurafat dan syirik.
Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, puasa, tilawah Al Qur’an, Dzikir dan Do’a sesuai petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.
Menampilkan prilaku yang Islami, santun, tertib,disiplin, sabar, gigih dan pemberani dalam menghadapi permasalhan hidup sehari-hari.
Memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang diharapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat didalam ber bagai lingkungan.
Memiliki kecakapan praktis sebagi anggota masyarakat dan dapat memecahkan problem sosial sehari-hari dengan baik.
Memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrastis serta bertanggung jawab.
Memiliki kecerdasan, pengetahuan, kepribadaian, ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa indonesia.
Memiliki kepedulian terhadap linkungan hidup dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan loingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.
Memiliki ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secra mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Read 56915 times

Profile

Hadist

”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (H.R. Tirmidzi)
”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (H.R. Tirmidzi)
"Sesungguhnya Allah SWT tidak akan menerima amal seseorang kecuali dengan niat yang tulus dan semata-mata mencari keridhoan-Nya”. (H.R. Nasa’i)
Janganlah kalian belajar (menuntut ilmu) bertujuan untuk berbangga pada ulama karenanya, dan untuk berdebat dengan orang-orang bodoh, begitu pula bertujuan agar karenanya orang-orang dapat berpaling (menarik perhatian), maka barang siapa yang melakukan itu maka ia masuk neraka. (H.R. Ibnu Majah)