Senin, 8 Desember 2014

Program Unggulan

Written by 

PROGRAM UNGGULAN

International Culture-Research Program

Merupakan program yang dirancang untuk peserta didik agar dapat belajar tentang kebudayaan di berbagai negara. Jaringan yang tengah di bangun antara lain Turkey, Belanda, Jepang, Australia, Korea, Malaysia, Taiwan, dan Inggris, dengan perantara dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Departemen Hubungan Luar Negeri (MITI Dept HLN) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di berbagai Negara. Proses pembangunan jaringan juga mengandalkan komunikasi alumni serta komunikasi dan konsultasi dengan International Liaison Office Universitas Bengkulu.

Program International Culture-Research Program di sesuaikan dengan kemungkinan hasil kerjasama dan MoU dengan pihak/lembaga terkait di luar negeri. Dengan perkiraan durasi belajar antara 2 minggu hingga 2 bulan. Program International Culture-Research Program di tujukan untuk peserta didik tahun pertama dan kedua.

Summer Course

Merupakan program kursus jangka pendek selama musim panas. Fokus program ini adalah belajar bahasa asing yang umumnya di sediakan oleh negara empat musim dan berbahasa negara selain bahasa inggris, seperti Turkey, Jepang, Korea, China, Yaman, Mesir, dan Amerika. Program Summer Cour, sebagaimana namanya, dilaksanakan selama libur musim panas yang umumnya jatuh pada bulan Juli sampai September, sehingga pelaksanaan program menyesuaikan dengan periode summer negara tujuan. Program Summer Course di tujukan untuk peserta didik tahun pertama dan kedua.

Internship Program

Merupakan program penempatan atau magang di perguruan tinggi Indonesia dan Internasional. Pada program ini, peserta didik di sertakan untuk mengikuti proses belajar atau penelitian di perguruan tinggi. Diharapkan agar peserta didik mendapat pengetahuan, motivasi, dan pemahaman mengenai proses belajar tingkat pergutuan tingga agar semakin memantapkan pilihan untuk melanjutkan studi, khususnya di perguruan tinggi BHMN dan atau perguruan tinggi internasional. Target pelaksanaan internship program antara 1 sampai 2 bulan di awal sementer genap atau ganjil. Partisipan dalam program ini adalah peserta didik di tahun ke tiga yang akan mengikuti ujian akhir, sebagai persiapan diri masuk perguruan tinggi.

Studipreneur Tour

Merupakan program wisata-usaha yang diperuntukkan untuk membuka wawasan peserta didik terhadap bidang usaha kreatif dan prospek di Indonesia. Yakni dengan melakukan kunjungan belajar ke industry-industri kreatif seperti Sido Muncul, Yakult, Trans Corp, dan industri kreatif lainnya. Lama pelaksanaan disesuaikan dengan kesediaan waktu dan jumlah usaha kreatif, serta jarak tempuh. Program ini ditujukan bagi peserta didik di tahun ke dua dan ke tiga, dengan harapan membuka wawasan usaha bagi yang kurang berminat melanjutkan studi paska sekolah atas.

Fun Mentoring

Mentoring menjadi sarana transfer pemahaman keislaman, sekaligus pendidikan dan penjagaan karakter peserta didik. Dalam mentoring, kurikulum dirancang agar susbtansi materi selaras dengan pembangunan karakter peserta didik. Proses pembentukan dibagi dalam beberapa tahapan yang setiap tahapan memiliki target output untuk masing-masing peserta. Seluruh target output tersebut pada akhirya di tujukan untuk mewujudkan kesiapan mental dan kualitas peserta didik sesuai dengan Quality Assurance SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu. Mentoring dilaksanakan setia pekannya sepanjang menjadi peserta didik di SMAIT IQRA’ Kota Bengku, dengan pementor yang sesuai dengan kualifikasi bidangnya.

T2Q (Tahsin Tahfizh Al Quran)

T2Q adalah program perbaikan bacaan Al Qur’an bagi seluruh peserta didik di SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu. Selain perbaikan bacaan, T2Q juga berikatan dengan program peningkatan hafalan Al Qur’an. Sebagaimana tertera dalam QA, target yang di tetapkan untuk seluruh peserta didik adalah hafal Al Qur’an minimal 2 juz dengan pengucapan ayat dengan benar. Target tersebut di proses dengan pengadaan mata pelajaran wajib bernama T2Q.

Full Day with English & Arabic

Keterampilan bahasa menjadi semakin penting di era modern. Semakin baik kualitas bahasa, khususnya bahasa asing, maka semakin besar kesempatan untuk dapat mengikuti lebih banyak kegiatan. Tidak hanya dalam forum komunikasi biasa, memiliki kemampuan berbahasa asing juga membuka peluang untuk mengikuti berbagai macam kompetisi dan agenda-agenda yang bersifat global. Oleh karenanya, SMAIT IQRA’, selain konsisten dalam pemngembangan dan pelaksanaan proram berbasis spiritual dan akademik, juga membuka peluang untuk dapat meningkatkan skill bahasa asing peserta didik. Cara tersebut dengan pengadaan hari penuh berbahasa asing, khususnya

Bina Olimpiade IQRA’

Berbagai jenis peningkatan kompetensi di kembangkan dan terus digulirkan untuk menunjang peningkatan kualitas peserta didik. Ajang Olimpiade merupakan salah satu ajang kompetisi saling bergengsi yang penting serta menjad prioritas. Cabang olimpiade mencakup bidang ilmu eksakta hingga social. Semuanya dipersiapakan dengan matang dan baik demi peningkatan grade sekolah dan kualitas peserta didik. Pembinaan peserta didik untuk penyiapan olimpiade adalah program unggulan akademis SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu.

Research Design Forum (Res D’ 4)

Untuk peningkatan daya saing akademis global, SMAIT IQRA’ konsen mengembangkan ketrampilan akademik dengan fokus pada program pengembangan riset. Program Res D’4 (baca; Risdifor) adalah program pembinaan dan pengembangan riset untuk mengikuti kompetisi keilmuwan bagi peserta didik. Program riset mencakup bidang ilmu eksakta, ilmu terapan, sosial, teknik, sampai robotik. Kolaborasi riset bekerjasama dengan Bengkulu Nanotech Association.

Read 59116 times
More in this category: Quality Assurance »

Profile

Hadist

”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (H.R. Tirmidzi)
”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (H.R. Tirmidzi)
"Sesungguhnya Allah SWT tidak akan menerima amal seseorang kecuali dengan niat yang tulus dan semata-mata mencari keridhoan-Nya”. (H.R. Nasa’i)
Janganlah kalian belajar (menuntut ilmu) bertujuan untuk berbangga pada ulama karenanya, dan untuk berdebat dengan orang-orang bodoh, begitu pula bertujuan agar karenanya orang-orang dapat berpaling (menarik perhatian), maka barang siapa yang melakukan itu maka ia masuk neraka. (H.R. Ibnu Majah)