Deni R.R

Deni R.R

Deni Rahmat Ramdani

Sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai. Kebanyakan orang memandang bahwa kesuksesan itu hanya diraih oleh seseorang yang memiliki pendidikan yang bagus, seseorang yang memiliki uang yang banyak, seseorang yang pernah bersekolah diluar negeri, dan lainnya.


Tetapi, Apakah mungkin kesuksesan itu selalu diraih oleh seseorang yang memiliki background pendidikan yang bagus? Apakah mungkin kesuksesan itu selalu diraih oleh seseorang yang memiliki uang yang banyak? Apakah mungkin kesuksesan itu selalu diraih oleh seseorang yang pernah bersekolah diluar negeri ? Tentunya tidak selalu, bahkan orang yang tidak memiliki riwayat pendidikan yang bagus dan orang yang tidak mampu dalam segi ekonomipun lebih banyak yang sukses ketimbang seseorang yang memiliki kriteria kriteria yang disebutkan tadi. Karena biasanya orang yang tanpa riwayat pendidikan yang bagus memiliki semangat dan niat untuk mengalahkan orang yang memiliki berjuta-juta hektar kebun.

Hal ini membuktikan bahwa niat dan usaha yang menjadi modal utama seseorang menggapai kesuksesan, bukan sekedar memiliki uang yang banyak. Namun secara teori orang yang dibekali dengan ilmu jauh lebih berpeluang untuk menjadi orang berhasil. Semuanya itu tergantung pada niat dan usaha seseorang. Jika niat seseorang itu benar-benar untuk menggapai kesuksesan, baik orang yang kaya maupun orang yang sehari-harinya hanya menyadap karetpun akan menggapai kesuksesan tersebut dan sebaliknya
”Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR.Bukhari Muslim).”


Setiap manusia sudah memiliki takdirnya masing-masing yang telah diberikan oleh Allah SWT., apabila dia beranggapan memiliki takdir buruk, maka tugas orang tersebut adalah merubahnya dangan niat dan usaha. Namun terlepas dari ketentuan takdir, manusia dituntut untuk memperkaya ilmu guna memudahkan perjalanannya untuk menuju gerbang kesuksesan. Dengan mengikuti proses pendidikan, maka manusia akan diberikan bimibingan, dorongan, teori, dan sejumlah hal utama yang mereka perlukan. Dan perlu dijelaskan lagi bahwa orang yang berhak menggapai kesuksesan itu adalah orang yang memiliki niat untuk sukses dan usaha untuk sukses.

Profile

Hadist

”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (H.R. Tirmidzi)
”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (H.R. Tirmidzi)
"Sesungguhnya Allah SWT tidak akan menerima amal seseorang kecuali dengan niat yang tulus dan semata-mata mencari keridhoan-Nya”. (H.R. Nasa’i)
Janganlah kalian belajar (menuntut ilmu) bertujuan untuk berbangga pada ulama karenanya, dan untuk berdebat dengan orang-orang bodoh, begitu pula bertujuan agar karenanya orang-orang dapat berpaling (menarik perhatian), maka barang siapa yang melakukan itu maka ia masuk neraka. (H.R. Ibnu Majah)